Cerdas Mendunia!

Sunday 20 May 2018

Revolusi Industri 1 sampai 4


Akhir – akhir ini diberbagai media kita sering digemparkan dengan istilah revolusi industry 4. Sebenarnya apa itu revolusi industry, kok sudah sampai tahap ke – 4? Oleh karena itu, pada artikel ini akan kita bahas satu demi satu perkembangan revolusi industri dari 1 sampai 4 beserta ciri utama yang menyertainya.


Sebelumnya kita kenal dulu apa itu pengertian dari revolusi industry? Revolusi industri adalah perubahan yang terjadi pada manusia dalam melakukan proses prosuksi. Revolusi Industri dimulai di Eropa dengan adanya perubahan besar – besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi yang mempengaruhi kondisi social, ekonomi, dan budaya di dunia. Inilah revolusi industry 1.0. Ciri utama revolusi ini adalah penggantian tenaga kerja manusia dan hewan dengan mesin. Diawali dari penemuan mesin uap pada abad ke – 18. Penggunaan mesin uap telah mampu meningkatkan produktifitas bahkan pendapatan negara meningkat enam kali lipat.

Selanjutnya pada akhir abad ke -19 munculah revolusi industry 2.0 ditandai dengan kemunculan pembangkit listrik dan motor bakar. Penemuan ini memicu ditemukanya pesawat telepon, mobil, pesawat terbang dll yang yang merevolusi teknologi di dunia secara signifikan.Pada tahap ini, konsep standardisasi industry juga mulai diterapkan.

Revolusi industry 3.0 ditandai dengan munculnya teknologi digita dan internet. Pada tahap ini seolah waktu dan ruang terkompresi dengan adanya teknologi realtime. Seseorang bisa mengamati proses jarak jauh secara realtime sehingga seolah ruang dan waktu tidak membatasi untuk beraktivitas.

Terakhir revolusi industry 4.0 ditandai dengan integrasi dunia online dengan proses industry sehingga effisiensi dapat ditingkatkan. Ciri utama teknologi pada tahap ini adalah penerapan IoT (Internet of Thing) dimana alat – alat produksi terhubung ke internet dan dapat dikendalikan jarak jauh. Pada tahap ini juga, ukuran perusahaan tidak menjadi jaminan kesuksesan, namun lebih pada keaktifan perusahaan mengikuti perkembangkan zaman. Sebagai contoh, UBER sekarang telah menjadi saingan utama perusahaan – perusahaan transportasi dunia. Ini membuktikan bahwa yang cepat beradaptasi akan lebih unggul.

Reff:
Share:

0 comments :

Post a Comment

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Powered by Blogger.

Flag Counter

Flag Counter