Cerdas Mendunia!

Sunday 5 August 2018

Aplikasi Elektronika Daya


Setelah kita tahu pengertian dan apa yang dipelajari dalam elektronika daya selanjutnya mari kita bahas tentang apalikasi dari elektronika daya. Aplikasi dari elektronika daya dalam kehidupan sehari – hari ditunjukkan pada gambar dibawah ini:


Contoh aplikasi elektronika daya

Dimulai dari gambar paling kiri yaitu untuk menggerakkan motor DC. Elektronika daya, dalam hal ini converter disini dipakai untuk mengubah listrik AC menjadi listrik DC untuk keperluan menggerakkan motor DC. Memakai converter jenis rectifier (AC ke DC), dilambangkan dengan kotak bergambar gelombang AC disisi input dan gelombang DC disisi output.
Selanjutnya, jika kita mengecas laptop di power socket yang ada di mobil, karena mobil memakai baterai (sumber listrik DC) sedangkan charger laptop kita memerlukan sumber AC, maka diperlukan inverter yang mengubah listrik DC menjadi listrik AC.
Kemudian, jika kita memiliki peralatan elektronik, lampu misalnya yang spesifikasinya berbeda dengan listrik rumah, 220 VAC maka kita memerlukan converter AC untuk menjembataninya. Sehingga perlu diperhatikan spesifikasi peralatan elektronik sebelum kita membelinya.
Jika kita ingin mengecas batre dengan menggunakan batre lain yang voltasenya berbeda, mungkin pada kondisi darurat, kita memerlukan DC-DC converter atau chopper. DC chopper umumnya dipakai pada panel surya yang menghasilkan listrik 7-10 volt DC untuk disimpan di batre 12 volt DC.
Demikian contoh pemakian empat jenis konverter elektronika daya dalam kehidupan sehari – hari. Coba kalian kenali adakah pemakian konverter elektronika daya lainya disekitar Anda!

Artikel terkait: Pengantar Elektronika Daya

Ref:
https://faisalwahab.wordpress.com/mata-kuliah/elektronika-dasar/

Share:

0 comments :

Post a Comment

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Powered by Blogger.

Flag Counter

Flag Counter