Cerdas Mendunia!

Wednesday 19 June 2019

Masa Emas dan Alam Bawah Sadar Anak


Seperti halnya kita, anak kita juga memiliki pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran manusia ibarat gunung es, yang nampak di permukaan adalah pikiran sadar sedangkan yang tidak nampak adalah pikiran bawah sadar. Dari sini kita tahu betapa besar potensi yang dimiliki oleh pikiran bawah sadar. Kemampuan otak manusia tidak hanya terbatas pada kemampuan analitik, masih banyak kemampuan lain yang tersimpan.


Sebelum kita membahas masa emas dan pertumbuhan alam bawah sadar pada anak, ada baiknya kita singgung sedikit pembahasan tentang otak manusia. Otak manusia terdiri dari dua bagian, otak kanan dan otak kiri. Otak kiri memproses penalaran logis seperti perhitungan dan bahasa. Sedangkan otak kanan memproses keterampilan, seni dan musik.

Selanjutnya, otak memiliki pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar berfungsi untuk mengenali informasi yang masuk melalui panca indra, membandingkan dengan memori, menganalisa, kemudian memutuskan respon terhadap informasi yang diterima. Sedangkan pikiran bawah sadar berfungsi memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, kepribadian, intuisi, kreativitas dan keyakinan. Antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar dihubungkan oleh suatu celah yang disebut critical factor, yang berfungsi untuk menyaring informasi yang akan masuk dari pikiran sadar menuju pikiran bawah sadar.

Masa emas anak jika ditinjau dari perkembangan pikiran bawah sadar ini dibedakan menjadi tiga tahapan yaitu: tahap pertama saat usia 0-3 tahun, tahap kedua pada usia 3-7 tahun, tahap ketiga pada usia 7-13 tahun. Pada tahap pertama, bayi yang baru lahir pikiran sadarnya belum terbentuk dan pikiran bawah sadar yang mendominasi. Sehingga apapun yang kita berikan atau kita komunikasikan pada bayi akan langsung masuk alam bawah sadarnya. Banyak orang tua yang tidak paham periode ini sehingga sering kali hanya mengajarkan anak bernyanyi nina bobok sebagai pengantar tidur. Masa ini sangat baik untuk memberikan informasi positif misalnya cita-cita Anda, doa anda, harapan Anda, murottal qur’an dan lainya. Karena informasi pada tahap ini akan langsung masuk kea lam bawah sadar.

Tahap kedua. Pada tahap ini, pikiran sadar sudah terbentuk hanya saja critical factor belum ada sehingga informasi yang diterima anak tidak hanya masuk ke pikiran sadar tetapi juga akan diteruskan ke pikiran bawah sadar. Sehingga masa ini adalah periode terbaik untuk membentuk kepribadian anak. Kelebihan masa ini adalah anak sudah bisa diajak berkomunikasi sehingga lebih mudah menyampaikan informasi.

Pada tahapan ketiga critical factor mulai terbentuk dan akan sempurna ketika usia diatas 13 tahun. Dengan adanya critical factor sebagai penghubung antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar yang juga berfungsi sebagai filter informasi yang masuk, maka tidak semua informasi yang diterima pada pikiran sadar dapat diteruskan ke pikiran bawah sadar. Jika informasi yang masuk sesuai dengan nilai dan keyakinan (value & belief) yang dimiliki maka informasi akan masuk ke pikiran bawah sadar, jika tidak maka informasi ditolak dan tidak bisa masuk ke pikiran bawah sadar.

Demikian sedikit pembahasan tentang perkembangan masa emas anak dan hubungannya dengan perkembangan pikiran bawah sadar. Semoga setelah mengetahuinya kita bisa memanfaatkan masa emas anak dengan sebaik-baiknya untuk menanamkan karakter posistif pada anak kita.

Sub: hypnocreativa3
Referensi: Hypnocreativa, Teknik Mengelola dan Mengatasi Emosi Buah Hati menjadi Prestasi.

Share:

0 comments :

Post a Comment

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
Powered by Blogger.

Flag Counter

Flag Counter